Tanpa Perlu Mahir Coding Ini Cara Mudah Buat Table Di Website 0 13

Tabel merupakan alat penting untuk memilah dan menyajikan informasi dalam data. Jika Anda seorang akuntan atau memiliki bisnis pastinya ada beberapa postingan yang membuat Anda menyajikan sebauh data menggunakan tabel. Meskipun sebenarnya Anda dapat membuat tabel secara manual dengan mengetikkan kode HTML dan CSS dalam postingan Anda, tapi itu bukanlah pilihan yang mudah bagi sebagian banyak pengguna WordPress, khususnya jika mereka tidak memiliki pengetahuan tentang kode HTML dan CSS. Pada dasarnya WordPress sudah hadir dengan posting editor visual yang bagus dan hampir lengkap, tetapi ada beberapa fitur tertentu yang belum ada, dan salah satunya adalah fitur untuk membuat tabel. Namun, jika Anda ingin membuat tabel di WordPress, hal itu sangatlah mudah. Karena begitu banyak plugin yang bisa membantu Anda mewujudkan itu. Salah satu plugin populer dan sampai saat ini masih di perbarui untuk membuat tabel di WordPress adalah TablePress. Beberapa pengguna memang tidak memerlukan fitur ini, dan itu mungkin yang menjadikan WordPress tidak memberikan fitur tabel pada editor visualnya dan juga untuk mempertahankan editor visual yang simple dan sederhana sesuai dengan fungsi terbanyak yang dipakai pengguna. TablePress adalah plugin WordPress yang memungkinkan Anda untuk membuat dan mengelola tabel yang indah dengan mudah bahkan bisa dikatakan sebagai plugin yang memiliki pengaturan sederhana dan sangat mudah untuk pemula sekalipun.  Jadi tidak perlu pengkodean sama sekali, Anda dapat menanamkan tabel ke dalam posting, halaman, atau widget teks dengan Shortcode sederhana. Data tabel dapat diedit dalam antarmuka mirip spreadsheet di software excel. Tabel dapat berisi semua jenis data, bahkan rumus yang akan dievaluasi. Pustaka JavaScript tambahan menambahkan fitur seperti penyortiran, paginasi, pemfilteran, dan lainnya untuk pengunjung situs. Tabel dapat diimpor dan diekspor dari / ke file Excel, CSV, HTML, dan JSON.

CARA MEMBUAT TABEL DI WORDPRESS DENGAN TABLEPRESS

Untuk membuat tabel di WordPress, silahkan download, install dan aktifkan Plugin TablePress. Anda bisa mengetikkan kata kunci ‘TablePress’ di kolom pencarian plugin di admin WordPress Anda. tablepress-plugin-wordpress Setelah plugin Anda aktifkan, akan muncul item menu baru bernama “TablePress” dan klik Menu Tablepress » Add New Table. Ini akan membawa Anda ke tab “Add New”. Setelah itu Anda akan melihat kolom sederhana seperti gambar dibawah ini. Dan silahkan berikan nama dan deskripsi, dan juga tentukan nilai pada “Number of Rows” dengan jumlah baris dan isi “Number of Colums” dengan jumlah kolom yang Anda inginkan. tablepress-addnew Jangan khawatir, Anda selalu dapat menambahkan atau menghapus kolom dan baris dari tabel yang anda buat, saat memasukkan data atau dengan mengedit tabel nanti. Klik tombol “Add Table” ketika selesai. tablepress-content Ini adalah editor tabel di mana Anda dapat menambahkan data ke tabel Anda. Anda juga dapat menambah dan menghapus kolom atau baris. Semua baris dan kolom dapat diseret dan disusun kembali. Di bagian bawahnya yaitu “Table Manipulation” terdapat beberapa fitur untuk menambahkan link, gambar, menambahkan baris dan kolom. Dan hal menarik lain adalah Anda juga bisa membagi atau menggabung kolom dengan rowspan atau colspan. tablepress-tablemanipulation Selanjutnya pada bagian “Table Options”, Anda bisa menentukan tabel paling atas atau paling bawah sebagai header tabel, menambahkan background pada tabel dan juga terdapat pilihan untuk menambahkan CSS class milik Anda sendiri. tablepress-styling Setelah Anda selesai dalam membuat tabel di pengaturan tersebut, sekarang simpan tabel Anda dengan klik tombol “Save Changes”. Dan Anda bisa mulai untuk menambahkan tabel ini ke dalam postingan atau halaman di situs WordPress Anda.

MEMASANG TABEL DI POSTINGAN ATAU HALAMAN

Ada dua cara untuk memasang dan menampilkan tabel di postingan atau halaman situs Anda. Pertama, Anda bisa langsung menyalin atau copy kode shortcode dari tabel yang sudah Anda buat tadi dan paste pada postingan atau halaman situs Anda. Dan yang kedua, silahkan buka postingan yang sudah ada atau membuat postingan baru untuk memasukkan tabel. Jika Anda menggunakan editor visual, maka Anda akan melihat ikon tabel ditambahkan dalam editor visual Anda. Silahkan klik tombol “Instert a Table from TablePress” tersebut dan akan membuka pop up yang akan menampilkan daftar nama tabel yang sudah Anda buat sebelumnya. Pilih nama tabel yang sesuai dan tekan tombol “Insert Shortcode”, dan itu akan menambah shortcode di postingan Anda. Jika Anda tidak menggunakan editor visual, maka Anda bisa memasukkan shortcode secara manual. Klik pada item menu TablePress, dan ia akan menampilkan daftar tabel yang telah Anda buat. caranya Klik Show Shortcode, dan ini akan membuka jendela pop-up dengan shortcode tabel. copy shortcode dan paste di posting Anda di manapun Anda ingin memasukkan tabel tersebut. tablepress-inserttopost Dan berikut adalah hasil dari tabel yang dibuat dengan TablePress dan sudah dipublish pada postingan. tablepress-importtable Plugin ini juga dapat mengimpor data dari file csv, berkas json, sebuah tabel HTML dan format json, Anda bisa melakukan impor pada menu TablePress » Import Table. Anda juga dapat mengekspor semua tabel Anda di CSV, HTML, dan format JSON. Anda bisa melakukan ekspor tabel pada menu TablePress » Export Table.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *