Gunakan Template Email Pada Wordpres Agar Email Yang Terkirim Terkesan Professional 0 12

Secara default, WordPress mengirimkan berbagai notifikasi email yang berbeda. Jika Anda menjalankan penulis blog WordPress secara individu, mungkin Anda tidak perlu menggunakan email template. Mungkin Anda pernah menerima email dari perusahaan, atau notofikasi dari toko online, atau dari perusahaan online besar lainnya dengan email yang terlihat bagus dengan menampilkan logo mereka dan juga terdapat header dan footer sesuai dengan warna dari situs web mereka. Jika Anda pernah mendapatkan email seperti itu, email tersebut mempunyai template yang sudah disesuaikan, berbeda dengan kebanyakan dari kita yang mengirim email hanya terlihat text biasa saja.

Jika Anda ingin mempunyai tampilan email yang dikirim oleh situs WordPress Anda ingin tampak seperti email perusahaan-perusahaan yang terlihat profesional, disini saya akan menunjukkan cara untuk menambahkan email template yang indah di email situs WordPress untuk semua pesan keluar dari situs WordPress Anda untuk klien atau pengguna Anda. Secara default, semua pemberitahuan email yang dikirim oleh WordPress dalam bentuk teks biasa dan cukup membosankan.

Menggunakan warna-warni HTML template untuk email Anda memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik bagi pengguna Anda. Juga ketika Anda menggunakan warna sesuai dengan warna desain situs web Anda dan logo situs web Anda, itu membuat email Anda terlihat lebih profesional dan estetis di mata klien Anda.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Email Template. Setelah aktivasi plugin, silahkan masuk ke pengaturan pada menu Appearance » Email Template untuk membuat dan memodifikasi template email Anda.

Email Template Plugin

Plugin Email Template memanfaatkan area Customizer WordPress untuk melakukan pengaturan sehingga Anda dapat membuat template yang indah Anda sendiri dengan live preview.

Customizer memiliki bagian yang berbeda. Pertama, Anda perlu klik pada tab settings di mana Anda dapat memasukkan nama situs Anda dan alamat email untuk digunakan sebagai pesan keluar.

Secara default, plugin akan menggunakan alamat email yang ditetapkan dalam pengaturan WordPress. Namun Anda dapat mengubahnya untuk menggunakan alamat email lain sesuai keinginan Anda.

Berikutnya, klik tanda panah back untuk kembali ke bagian Template. Di bawah tab Template, Anda dapat memilih apakah Anda ingin menggunakan pengaturan email penuh lebar (full width) template atau tata letak kotak (box layout). Anda juga dapat memilih warna latar belakang sesuai dengan warna situs Anda.

Setelah selesai, klik pada bagian header untuk setup header template email Anda. Anda dapat menambahkan logo atau menggunakan text.

Secara default, plugin akan menampilkan nama situs Anda sebagai teks di header email. Anda dapat mengubah tampilan header sesuai keinginan Anda. Anda juga dapat mengubah ukuran font, text header dan warna latar belakang.

Email Template Configuration

Di bawah bagian tubuh atau body email, Anda dapat mengubah ukuran font dan warna template email. Namun untuk mengubah warna link masih belum tersedia dalam pengaturan plugin ini.

Terakhir, jangan mengabaikan bagian footer email Anda. Secara default plugin akan menampilkan nama situs Anda dengan tanda hak cipta. Anda juga dapat menyesuaikannya dengan keinginan Anda untuk bagian footer ini.

Anda juga dapat mengubah font, latar belakang dan warna teks. Anda bisa membuat tampilan email Anda dengan semenarik mungkin sesuai dengan imajinasi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *