Cara Mudah Menambah Nomor Halaman Pada Website WordPress 0 11

Jika Anda saat ini memiliki situs WordPress dan tema Anda belum mendukung fitur page number, Anda bisa menggunakan cara beriktu ini. Fitur nomor halaman ini biasanya pada tema tertentu sudah terpasang, namun masih banyak sekali template WordPress yang masih belum ada fitur page number dan yang ditampilkan adalah fitur bawaan bawaan seperti ‘Older Post dan Previous Post’.

Untuk membuat Page number di WordPress, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin WP-PageNavi. Anda bisa mendownloadnya pada link download dibawah postingan ini. Setelah mengaktifkan plugin, silahkan Anda pergi ke Setting »PageNavi untuk mengkonfigurasi pengaturan plugin.

Pada halaman pengaturan plugin ‘PageNavi Settings’ Anda dapat mengganti teks default dan pengaturan pagination numerik sesuai dengan yang anda inginkan pada kolom yang sudah disediakan.
wppagenavi-settings

Pada langkah berikutnya, Anda perlu menambahkan script tag php ke template tema WordPress Anda. Silahkan cari file index.php dan archive.php di folder template yang Anda gunakan . Tambahkan tag berikut ke tema Anda untuk menggantikan script previous_posts_link and next_posts_link.

Sebagai contoh dalam tema Twentytheme, kode yang perlu Anda ganti adalah sebagai berikut :
wppagenavi-settings-divclass

Dan silahkan hapus kode seperti diatas dan ganti dengan kode dibawah ini.

wppagenavi-settings-divclass-changed
Selain itu, Anda juga dapat membuat tampilan nomor halaman sesuai dengan keinginan Anda dengan memanfaatkan pengaturan CSS kustom yang bisa Anda ubah. Caranya, Anda dapat menyalin file pagenavi-css.css dari direktori plugin ke direktori tema Anda dan melakukan modifikasi di sana. Dengan cara ini, Anda tidak akan kehilangan perubahan saat memperbarui atau melakukan update plugin.

Silahkan masuk pada menu Plugins » Editor » pilih drop down menu dan pilih ‘Wp-Pagenavi’ dan silahkan klik tombol ‘Select’. lakukan perubahan css sesuai dengan yang Anda inginkan di file ‘wp-pagenavi/pagenavi-css.css’.

wppagenavi-css

Anda juga bisa menghapus centang pada opsi “Use pagenavi.css?” Dari halaman pengaturan dan tambahkan style ke file style.css tema Anda secara langsung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *