Cara Merubah Jenis Font Pada Website WordPress Anda 0 10

Cara Merubah Jenis Font Pada Website Wordpress Anda

Google Fonts adalah sumber font gratis yang di persembahkan oleh Google dan bisa digunakan oleh web designer dalam memenuhi kebutuhan font untuk websitenya. Saat ini Google font sudah memiliki sekitar 848 font families dengan berbagai kategori. Sebagai pengguna WordPress, Anda juga bisa memanfaatkan font dari Google font ini untuk mempercantik bentuk tulisan Anda karena banyak sekali font-font yang bagus dan gratis untuk Anda gunakan. Beberapa pengguna baru WordPress mungkin masih belum tau cara menambahkan font Web Google ke dalam Theme WordPress. Maka pada artikel ini, saya akan menunjukkan cara untuk menambahkan Google Web Font di Theme WordPress. Disini saya akan memberikan dua cara mudah untuk menambahkan google font di situs WordPress secara manual dan menggunakan plugin. Sebelum memasang font di Theme WordPress Anda, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari font yang Anda sukai pada library Google web font disini ⇒ Google Fonts. google-font Pada contoh ini saya akan memilih Font dengan nama “Mali”, jika Anda sudah menemukan font, klik pada tombol icon plus “(+)”. font-choosing-mali Setelah Anda mengklik tombol plus “(+)”, Anda akan melihat popup ditampilkan dengan dua menu tab “Embed” dan “Customize”. Cara Merubah font WordPress :

  1. Jika Anda menggunakan pilihan code embed “Standart”, Silahkan copy code tersebut dan taruh pada file header.php di theme WordPress yang Anda gunakan, paste code font tersebut setelah tag.
  2. Jika menggunakan code embed “@import” silahkan copy code tersebut dan taruh pada file Styles.CSS, dan taruh pada bagian atas.

Kedua file tersebut (header.php dan styles.css) semuanya bisa Anda temukan dalam folder theme yang Anda gunakan atau bisa Anda temukan pada menu Appearance » Editor. Setelah Anda selesai menambahkan code embed font di theme WordPress Anda, sekarang Anda harus menambahkan code CSS untuk menggunakan font terebut agar bisa digunakan pada situs WordPress Anda. Code CSS font bisa Anda lihat dibagian bawah code Embed pada “Specify in CSS”. Silahkan copy code CSS font tersebut dan buka file styles.css Anda di theme WordPress yang sedang Anda gunakan. Dan cari baris kode font mana yang ingin Anda ganti dengan font baru dari Google font tersebut. Jika sudah silahkan untuk menyimpan perubahan yang Anda lakukan dan lihat perubahan font di situs WordPress Anda yang sudah menggunakan font dari Google font. Jika belum terjadi perubahan, silahkan untuk melakukan hapus cache pada browser yang Anda gunakan. Ada cara lain yang sangat mudah dan Anda tidak perlu berhubungan dengan coding WordPress. Cara ini sangat di anjurkan untuk pemula karena jika tidak tepat dalam memasang plugin di file header.php maupun styles.css dapat mengakibatkan situs mengalami masalah atau malah mengacaukan tampilan dari situs WordPress Anda. Plugin yang akan saya gunakan dalam contoh ini adalah Easy Google Fonts yang bisa Anda install secara gratis melalui dashboard WordPress Anda karena plugin terdapat pada library plugin WordPress. Easy Google Fonts Setelah melakukan install dan mengaktifkan plugin Anda bisa masuk pada area Settings » Google Fonts untuk membuat kontrol pada Google font dengan memasukkan daftar CSS Selector. easy-google-font-css Namun jika Anda tidak memahami bagian ini bisa langsung masuk pada menu Appearance » Customize dan pilih “Typography”. Pada bagian ini Anda bisa menyesuaikan berbagai macam bagian dengan font dari daftar font milik Google seperti Heading 1-5, memilih kategori font, karakteristik fonts dan masih banyak lagi hal yang bisa Anda lakukan dengan plugin ini. easy-google-font-customize Jika semua pengaturan font sudah Anda sesuaikan dengan Google fonts di bagian Customize Anda bisa menyimpan pengaturan tersebut dan klik tombol “Publish”. Dan sekarang Anda bisa melihat perubahan yang sudah Anda lakukan, pada customize ini Anda bisa melihat setiap perubahan yang Anda lakukan secara live.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *