Tutorial Membuat Formulir Online Gratis Dan Di Publish Ke WordPress 0 18

Tutorial Membuat Formulir Online Gratis Dan Di Publish Ke Wordpress

Apabila Anda ingin membuat sebuah formulir online seperti formulir, survei,kuis formulir register dan masih banyak lagi, Anda bisa membuatnya dengan mudah menggunakan layanan Google yang bernama Google Form.

Di WordPress Anda juga bisa membuat berbagai macam formulir dengan menggunakan plugin seperti Contact Form 7 dan plugin sejenis lainya, tapi jika Anda tidak ingin menggunakan plugin maka solusi yang bisa Anda gunakan adalah menggunakan Google Form.Layanan Google form ini adalah layanan gratis yang memiliki banyak manfaat untuk Anda dan bisa dipasang dengan mudah di situs WordPress Anda. Google form cukup mudah disesuaikan di mana saja begitu juga di situs WordPress. Namun, Anda masih perlu mengikuti langkah-langkah tertentu agar Google form sukses untuk dipasang di situs WordPress Anda.

Keunggulan dari Google Form selain gratis adalah bahwa Anda tidak perlu menggunakan database situs WordPress Anda untuk menyimpan data dari pengunjung Anda melainkan disimpan di Google Drive dan ini juga berarti data yang Anda simpan jauh lebih aman jika situs Anda terjadi masalah. Selain itu formulir yang Anda buat dengan Google Form juga dapat Anda bagikan di situs lain dengan mudah.

Google Form menawarkan pilihan berbagi yang mudah dan antarmuka mendukung mobile. Selain itu, tanggapan yang Anda terima melalui Google Formulir langsung disimpan ke Google Drive Anda, yang bahkan memungkinkan Anda untuk menambahkan kolaborator ke tugas tersebut untuk mengelolanya.

LANGKAH MEMBUAT DAN MEMASANG GOOGLE FORM DI WORDPRESS
1. Buka “My Drive” dan Klik tombol “New”, Arahkan kursor mouse ke opsi “More” dan pilih menu “Google Forms” – Klik “Form a Template”.

google-form-choose

2. Anda akan diarahkan ke situs web Google Forms, di mana Anda perlu memilih opsi “Blank Form” untuk membuat formulir sesuai keinginan Anda atau bisa memilih formulir yang sudah jadi pada bagian “Template Gallery”.

google-form-option

3. Setelah memilih opsi “Blank Form”, isi judul dan deskripsi formulir. Mulai tambahkan kolom formulir Anda. Jika Anda membutuhkan Anda bisa mengklik tombol “Add”, di bawah menu untuk menambahkan field baru dalam formulir. Google Forms juga memberi Anda pilihan untuk mengubah jenis pertanyaan dan jawaban.

Klik pada “Multiple Choice”, menu drop down di pojok kanan dan pilih pola pilihan Anda. Anda juga bisa menambahkan berbagai macam teks, video, gambar maupun section.

google-form-creation

4. Jika pembuatan formulir sudah selesai Anda bisa langsung klik tombol “Send”. Anda akan diarahkan ke jendela “send form popup”. Klik pada tab “Embed”, yang terlihat seperti ini “< >” dan klik “copy” untuk menyalin kode embed. Pada bagian ini Anda juga bisa mengatur ukuran formulir yang akan ditampilkan di situs Anda. Dan juga dapat secara langsung membagikan formulir ke media sosial seperti Google Plus, Facebook dan Twitter.

google-form-create-finished
5. Setelah Anda mencopy kode “Embed HTML” tersebut, silahkan Paste kode embed ke bagian posting atau halaman di situs WordPress Anda. Dan jangan lupa untuk mengubah editor WordPress Anda dari Visual ke Text terlebih dahulu dan paste kode embed form pada posisi yang Anda inginkan.

google-form-publish

6. Setelah itu silahkan klik pada tombol “Publish” dan sekarang formulir Anda siap untuk Anda gunakan di situs WordPress Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *