Menambah Fitur Postingan Instagram Pada Website 0 35

Instagram saat ini juga merupakan media sosial yang sangat populer setelah facebook dan twitter, instagram dianggap sebagai sebuah metode sederhana untuk berbagi foto dan video. Dan sekarang dengan populernya instagram maka banyak para webmaster mengoptimalkan situs WordPress mereka dengan Instagram. Dengan memanfaatkan keduanya yaitu WordPress dan Instagram maka akan mendapatkan lebih banyak perhatian untuk kedua akun Anda tersebut. Untuk melakukan hal tersebut maka diperlukan bagi Anda untuk memasang Video di Instagram Anda kedalam postingan atau halaman WordPress.

Dengan cara ini, pengunjung dapat mengikuti video atau foto Anda di Instagram tanpa perlu melakukan login ke Instagram terlebih dahulu. Berikut 2 cara mudah untuk Embed Video dan Foto Instagram Anda di WordPress.

  1. Menggunakan Simple Instagram Embed Plugin

Simple Instagram Embed

WordPress telah mengembangkan serangkaian plugin untuk embedding video dan foto Instagram, salah satunya adalah Plugin Simple Instagram Embed. Plugin user-friendly ini memungkinkan pengguna untuk menyisipkan link video atau foto di Instagram di setiap halaman WordPress atau postingan WordPress.

Untuk menggunakan plugin tersebut, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan Instal dan mengaktifkan plugin tersebut, langkah selanjutnya adalah mengatur Plugin Simple Instagram Embed dengan membuka menu Settings » Simple Instagram Embed.

Dalam halaman pengaturan Anda diminta untuk memilih ukuran yang tepat untuk semua video embed dan foto pada menu drop-down. Terdapat 3 ukuran yang tersedia untuk pengguna yaitu : Large (w: 612 xh: 720 pixel), Medium (w: 480 xh: 600 pixel) dan Small (w: 350 xh: 470 pixel), silahkan pilih ukuran sesuai dengan keinginan Anda lalu centang pilihan “Include captions” untuk menambahkan keterangan foto. Dan terakhir klik tombol “Save” untuk menyimpan pengaturan plugin tersebut.

Setelah pengaturan plugin diatas selesai Anda lakukan, sekarang mari kita lanjutkan untuk cara memasang embed video atau foto instagram ke postingan WordPress, pertama pastikan bahwa Anda sudah mempunyai akun Instagram. Login ke account Anda dan cari video atau foto yang akan anda tanam ke website WordPress Anda. Lakukan klik pada foto atau video tersebut, maka nanti akan terlihat informasi rinci muncul seperti di bawah ini.

Link untuk video atau foto ditampilkan pada address bar browser Anda. Copy link tersebut, sebagai contoh link embed adalah seperti berikut : .

Setelah mendapatkan link seperti diatas, silahkan buka page / post yang ingin Anda tanamkan foto atau video tersebut. Paste link ke post atau page editor dan kemudian publish, dan silahkan lihat hasilnya.

  1. Embed Instagram Di WordPress Menggunakan HTML / Codescript

embed-instagram

Cara kedua dalam tutorial ini adalah dengan menggunakan fitur kode embed yang memang sudah disediakan oleh Instagram. Cara ini adalah cara yang saya sarankan untuk Anda semua daripada menggunakan plugin, karena Anda tidak perlu menginstal terlalu banyak plugin di situs WordPress Anda. Masuk ke akun Instagram Anda dan klik video atau foto yang ingin Anda tanamkan. Klik tombol di sebelah icon “comment” bar dan kemudian klik “Embed“.

Setelah muncul popup yang berisikan kode seperti contoh diatas, salin baris kode dengan mengklik tombol “Copy Embed Code“, Anda juga bisa mencentang pilihan “Include caption” jika Anda ingin menambahkan keterangan pada foto atau video tersebut.

Selanjutnya Paste kode embed ke halaman atau posting di situs WordPress Anda. Secara umum, ada banyak baris kode disisipkan ke editor WordPress, pastikan saat paste kode tersebut Anda memilih menu tab “text” disebelah menu tab “visual”. Dan terakhir klik publish lalu lihat hasilnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *