Kok Bisa Ulang Tahun Google yang Lebih dari Satu Tanggal ? 0 22

Sudah buka laman Google tanggal 27 September kemarin? Mesin pencari terbesar ini baru saja merayakan ulang tahunnya yang kedua puluh. Karena iitu, tidak heran jika doodle bergambar balon yang meriah membentuk angka Google jadi welcome page-nya.

Walau begitu, publik pun sesungguhnya masih dibuat bertanya-tanya dengan misteri ulang tahun Google. Pasalnya, search engine buatan Larry Page dan Sergey Brin ini tercatat memiliki lebih dari satu tanggal ulang tahun. Lho, kok bisa? Berikut ini penjelasannya!

1. Ada empat tanggal berbeda

Jadi, 27 September bukan satu-satunya hari spesial bagi Google. Kenyataannya, justru ada pula tiga tanggal lainnya yang perlu dicatat. Artinya, ada empat tanggal ulang tahun yang dipunyai Google dan semuanya berada di bulan yang sama: 7, 8, 26 dan 27 September.

Bingung? Tenang, kamu nggak sendiri. Menurut beberapa sumber, awalnya tanggal 8 September lebih dulu diumumkan sebagai tanggal ulang tahun Google di tahun 2003 silam.  Berikutnya, ada perubahan menjadi tanggal 7 September sebagaimana yang diumumkan di tahun 2004, 26 September di tahun 2005, dan kembali berubah menjadi 27 September (hingga kini) sejak tahun 2006.

2. Dimulai dari sebuah proyek PhD

Larry Page dan Sergey Brin kala itu masih menjadi siswa PhD dari salah satu universitas terkemuka di dunia, Stanford University. Adapun tujuan yang mereka usung saat mengerjakan proyek tersebut adalah untuk mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses serta memberi manfaat bagi semua orang.

Google pun resmi menjadi sebuah perusahaan swasta di tahun 1998, tepatnya pada tanggal 4 September. Adapun angle investor di balik lahirnya Google adalah Andy Bechtolseim, pendiri Sun Microsystem yang memberi kucuran dana sebanyak US$100 ribu (atau sekitar Rp1,4 milyar) sebagai investasi awal.

3. Usia lebih dari dua dekade

Walau resmi dikenalkan sebagai perusahaan pada tahun 1998, sesungguhnya pekerjaan Google sudah lebih dulu dilakukan sejak tahun 1996. Page dan Brin merancang lebih dulu cikal bakal Google di sebuah kamar asrama dalam bentuk algoritma yang bernama ‘BackRub’.

BackRub yang ditulis dalam bahasa pemrograman Java dan Phyton. Pada akhirnya, sesungguhnya versi pertama Google pun diluncurkan pada Agustus 1996 di situs web Stanford sendiri. FYI, peluncuran ini menggunakan hampir separuh dari total bandwith jaringan Stanford.

4. Raksasa dunia digital

Sekarang, Google lebih dari sekadar mesin pencari. Kamu pun tentu tahu dan menggunakan berbagai produk lainnya seperti Gmail, Google Drive, Google Maps, Google Earth, Google Books, hingga tentu saja, Android.

Tidak hanya meraup banyak minat konsumen, raksasa dunia digital ini juga menarik minat para pengembang aplikasi terbaik di dunia. Ribuan orang bermimpi untuk mendapatkan sebuah ‘kursi’ di Google untuk menjadi bagian perubahan dengan budaya kerja yang disebut-sebut sebagai situasi paling ideal untuk menyeimbangkan antara kerja dan kehidupan demi mencapai kreativitas dan produktivitas maksimal.

Panjang juga ya, perjalanannya. Meski sampai sekarang belum jelas alasan di balik misteri ulang tahun Google, we still wish you a happy birthday!

 

Sumber : https://www.idntimes.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *