Cara Mudah Migrasi Plugin ALL IN ONE SEO Ke YOAST SEO 0 28

Di WordPress Anda akan menemukan dua plugin SEO yang sangat populer dan banyak digunakan oleh banyak developer yaitu Yoast SEO dan All in One SEO.  Sebelumnya, saya lebih menyukai penggunaan All in One SEO untuk optimasi SEO pada website saya dan sekarang saya memutuskan untuk beralih menggunakan plugin WordPress Yoast SEO. Alasan saya menggunakan All in One SEO sebelumnya adalah plugin ini sangat sederhana dan tidak membutuhkan konfigurasi yang rumit dan untuk berbagai macam konfigurasi juga memang sederhana, para pemula tentu akan memilih dengan memakai plugin ini karena mudah digunakan.

Tapi, seiring berjalannya waktu, saya menemukan ada beberapa bagian konfigurasi untuk optimasi SEO yang tidak ada di All in One SEO namun ada di Yoast SEO. Sebenarnya ada fitur yang SEO yang saya cari namun harus upgrade ke versi premium dan di Yoast SEO diberikan secara gratis.

Yoast SEO Plugin

Yoast SEO memang untuk urusan optimasi SEO WordPress saat ini sudah menjadi pemenang karena jelas memiliki fitur yang banyak dibanding para pesaingnya dan selalu membawa hal baru yang mengagumkan untuk harus selalu di ikuti.

Pada artikel kali ini, saya akan memberikan panduan bagi Anda yang ingin beralih atau migrasi dari plugin SEO lama Anda (All in One SEO) atau plugin SEO lainnya ke plugin Yoast SEO WordPress.

CARA MIGRASI ALL IN ONE SEO KE YOAST SEO

Panduan ini sebenarnya tidak hanya untuk all in one SEO saja, namun juga bisa berlaku untuk pengguna plugin SEO lainnya yang ingin bermigrasi ke Yoast SEO WordPress.

Sebelumnya, hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum memulai bermigrasi adalah Backup database WordPress Anda sebelum Anda melakukan tindakan ini. Hal ini untuk berjaga-jaga jika terjadi kegagalan atau masalah yang timbul.

Jika sudah, silahkan untuk menginstal plugin Yoast SEO dan mengaktifkannya. Setelah itu, jangan lupa untuk menonaktifkan (Deactivated) plugin SEO lama Anda (All in One SEO) dan jangan dihapus terlebih dahulu sebelum proses migrasi selesai.

Install Yoast SEO

Plugin SEO Yoast menawarkan fitur ekspor impor, yang mendukung banyak plugin SEO populer lainnya seperti (HeadSpace2, All-in-One SEO, Jetpack SEO, SEOpressor, WooThemes SEO framework dan wpSEO).

Klik pada SEO » Tools » Export and Import.

tools - yoast seo

Cara Migrasi SEO Yoast Import

Sekarang pilih menu tab “Import form other SEO plugins” dan pilih plugin SEO lama Anda dibagian “Step 2 : Import” dalam hal ini adalah All in One SEO Pack dan klik tombol “Import”.

Setelah proses import selesai, Anda bisa melakukan pemeriksaan pada bagian postingan dan halaman Anda apakah metadata (Judul dan Deskripsi SEO) untuk optimasi SEO dari All in One SEO benar-benar sudah sukses di pindah ke konfigurasi milik SEO Yoast.

Selanjutnya, Anda bisa masuk pada bagian SEO » General » Dashboard. Dan pastikan Anda menyelesaikan semua masalah dan notifikasi yang disarankan oleh SEO Yoast untuk Anda benahi dengan benar. Jika itu semua selesai maka Anda bisa masuk ke tahap berikutnya.

tools yoast-seo1

Silahkan masuk lagi ke menu Tools » Import from other SEO plugins, dan silahkan klik tombol “Clean” untuk menghapus semua data original dari All in One SEO.

Cara Migrasi SEO Yoast

Sekarang, proses migrasi data dari All in One SEO ke Yoast SEO sudah selesai. Langkah selanjutnya adalah hapus plugin All in One SEO dari daftar plugin Anda.

Dan langkah berikutnya adalah mengkonfigurasi SEO situs Anda pada bagian Search Appearance. Anda bisa membaca panduan ini pada artikel saya disini ⇒ Cara Install dan Settings Plugin SEO by Yoast [New].

Selain itu Anda juga dapat mengambil keuntungan dari SEO extended plugin untuk memeriksa deskripsi meta, judul untuk semua posting dan halaman blog Anda. Demikian pula, jika Anda menggunakan plugin apa pun seperti footer RSS, plugin meta Robots, Anda dapat menggunakan fitur ekspor-impor untuk mengimpor pengaturan ke SEO oleh plugin Yoast, dan menonaktifkan plugin lama tersebut.

Sekarang Anda sudah melakukan migrasi ke Yoast SEO dengan berhasil.

Seluruh proses penyiapan migrasi tidak akan memakan waktu lebih dari 10 menit, tetapi perubahan kecil ini akan meningkatkan skor SEO blog Anda secara keseluruhan dan meningkatkan peringkat SEO blog Anda di mesin pencari. Terlebih lagi, fitur sosial Yoast SEO akan membantu Anda untuk menambahkan banyak fitur yang bermanfaat seperti kartu meta Twitter, Facebook meta graph meta data.

PENTING
Dan perlu Anda ingat bahwa perubahan dari migrasi SEO ini Anda perlu :

  • Menginstal plugin Google Analytics for WordPress by MonsterInsights untuk memasang kode Google Analytics Anda, karena Yoast SEO tidak menyediakan fitur pengaturan untuk Google Analytics. Atau Anda juga bisa memasang kode Google Analytics tanpa plugin agar lebih ringan.
  • Jika Anda adalah pengguna Google XML sitemap untuk membuat sitemap di blog WordPress Anda. Pastikan itu juga Anda hapus karena Yoast SEO sudah memiliki xml sitemap sendiri yang lebih bagus. Dan yang dari sebelumnya URL sitemap Anda adalah seperti berikut sitemap.xml sekarang berubah menjadi sitemap_index.xml. Silahkan untuk submit kembali sitemap baru Anda ke Google Webmaster Tools dan hapus yang lama.

Dan itulah panduan lengkap cara migrasi dari All In One SEO ke WordPress Yoast SEO. Pastikan Anda menggunakan plugin SEO Yoast untuk optimasi blog Anda, dan juga segera bermigrasi jika masih menggunakan plugin SEO lainnya.

Saya sangat merekomendasikan plugin Yoast SEO karena ini merupakan plugin yang benar-benar lengkap dan jika Anda mau mempelajari cara penggunaan yang tepat dari plugin ini, saya pastikan blog Anda akan memiliki optimasi SEO yang bagus dan dapat bersaing di mesin pencari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *