Sejarah Robot Dari Waktu ke Waktu 0 79

Kemunculan Sophia pada rapat PBB Kamis, lalu membawa angin segar pada jagat robotik. Sophia dapat disebut selaku robot insan (humanoid) yg mendekati sempurna keterlibatan dapat menunjukkan aktualisasi diri layaknya manusia jiwa.

Banyak yg berpikir hasil itu konsep mengenai robot sosok timbul setelah “meledaknya” film karya James Cameroon, Terminator, pada tahun 1984.

Melainkan kenyataannya, ide menciptakan humanoid telah tersedia jauh hampir hampir Masehi. Pada tatkala itu, tentu ajah sosok sedang belom membayangkan bagaimana tehnik menciptakan robot yg dapat bergerak bagaikan halnya sosok.

Ilustrasi Automata dari Lie Zie

Automata, humanoid pertama hampir Masehi

China disebut selaku tempat pertama yg mencetuskan ide mengenai humanoid. Berhubungan dengan ini diperkuat bersama temuan artikel antik Taoisme China, Liezi, yg diperkirakan pernah tersedia sedari tahun 250 SM.

Pada di dalam pemaparan tersebut, Lie Yukou, filsuf China yg diduga selaku penulisnya, mendeskripsikan berhubungan dengan automata.

Automata sendiri yaitu satu buah mesin yg dapat bergerak atas kehendak sendiri sesuai bersama gerakan manusia.

Pada di dalam Liezi, diceritakan automata ialah satu buah manusia mekanis yg dikerjakan oleh Yan Shi, seorang insinyur mekanik yg hidup pada dinasti Zhou bagi ditunjukkan terhadap rajanya.

Ilustrasi Humanoid Pemusik Karya Al-Jazari

Robot Pemain Musik pada Mesopotamia

Al Jazari adalah pakar mekanik istana yg hidup pada Mesopotamia pada tahun 1206. Ia merupakan pakar mekanik jenius pada masanya yg mampu merancang serta menciptakan bebagai ujud macam robot.

Pemikiranya tersebut tertuang pada di dalam buku fi ma’rifat alhiyal al-handayasiyya (buku pengetahuan ilmu mekanik) pada 1206. Pada di dalam karyanya tersebut dirinya menjelaskan lima puluh peralatan mekanik berikut serta petunjuk  merakitnya. Atas dasar hal tersebut , dia dijuluki “Papa Robot” oleh masyrakarat sains modern.

Al-Jazari tercatat selaku pembuat mesin robot sekaligus humanoid pertama yg dapat diprogram.

Awalnya, dirinya menciptakan mesin robot yg berupa perahu terapung pada satu buah danau. Perahu ini kemudian ditumpangi oleh empat robot pemain musik yg terdiri sejak dua penabuh drum, pemain harpa, serta peniup seruling.

Robot yg diciptakan buat menghibur kalian tamu kerajaan pada di dalam acara jamuan minum ini mampu memainkan nada berbeda. Bagi menggerakkan mesin robot ini, Al-Jazari mengembangkan prinsip hidrolik

Selain robot musisk, Al-Jazari jua menciptakan satu buah robot pramusaji berbentuk jiwa. Robot ini dapat dikonsumsi bagi menghidangkan air minuman misal air beserta teh.

Pada di dalam konsep robot pramusaji ini, minuman tersebut disimpan pada di dalam satu buah tanki serta penampung air. Air yg tersedia pada penampungan tersebut nanti dialirkan ke pada di dalam satu buah wadah buat dialirkan ke cangkir di dalam tujuh menit hampir disajikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *