DIGITAL MARKETING VS DOOR TO DOOR 0 86

Ketika kita memiliki produk dan ingin masyarakat luas mengetahui produk kita, maka kita harus belajar marketing. Ini wajib bagi kita supaya target yang ingin kita dapatkan sesuai dengan harapan. Namun seiring dengan berjalannya waktu, pelaksanaan marketing dengan Door to Door digantikan dengan kemajuan teknologi digital. Teknologi inilah yang kita kenal dengan Digital Marketing. Digital Marketing adalah sebuah pemasaran yang dilakukan melalui dunia digital atau yang sering kita kenal dengan dunia online.

 

Apa Sih Digital Marketing Itu?

Seperti yang sudah digambarkan sebelumnya, bahwa Digital Marketing dalah dua kata yang berasal dari Digital dan Marketing. Digital berarti teknologi dan Marketing berarti Pemasaran. Itu artinya, dapat kita simpulkan bahwa Digital Marketing adalah sebuah strategi pemasaran sebuah produk (barang dan jasa) dengan menggunakan teknologi. Teknologi tersebut mengerucut pada sistem digital atau online yang kita kenal dengan website, email, sosial media, dll.

 

Apa sih Kelebihan Digital Marketing?

Digital Marketing terbukti lebih EFEKTIF daripada sistem Door To Door. Penggunaan Digital Marketing untuk kegiatan promosi produk memberikan nilai yang lebih terjangkau dan jangkauan yang lebih luas, bahkan bisa mencapai luar negeri, dimana juga bisa dilakukan metode targeting sesuai dengan sasaran yang Anda inginkan untuk target produk Anda.

 

Kenapa bisa demikian?

Sasaran dunia maya yang tak terhingga membuat jangkauan yang diraih menjadi lebih luas. Misalkan saja kita ingin menjangkau pasar se-Jawa. Jika kita menggunakan teknik Door To Door, maka yang kita peroleh hanyalah beberapa bagian kota atau konsumen yang ada di-Jawa saja. Namun, dengan Digital Marketing, internet akan dengan otomatis menjangkau target pasar yang kita inginkan.

Anggaplah Pulau Jawa dan target pasar kita adalah seluruh masyarakat Pulau Jawa yang ingin membeli baju. Maka kita tinggal mengatur pada bagian lokasi yang ingin kita raih dan otomatis informasi yang kita buat akan ditampilkan ke seluruh pengguna internet yang ada di Pulau Jawa tanpa terkecuali.

Oleh karena itu, Digital Marketing dirasa sangatlah direkomendasikan bagi Anda para pebisnis yang ingin lebih menjangkau dan merangkul pelanggan Anda bersama dengan kemajuan perusahaan yang Anda miliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Peduli Kepada Pelanggan Jangan Sampai Dilewatkan 0 41

Pelanggan adalah Raja, Ungkapan itu sering kita dengar namun kita terkadang menyepelekannya. Ingatlah bahwa Anda tergatung oleh Pelanggan Anda. Bahkan mencari 100 Pelanggan itu lebih mudah dari mempertahakan seorang pelanggan kita. Untuk itu berikanlah sedikit kepedulian Anda dengan cara memberikan beberapa tips berikut ini supaya pelanggan Anda menjadi pelanggan setia bahkan order lagi dan lagi (repeat order).

1.  Pahami Karakter Pelanggan Anda

Sebagai seorang pelaku bisnis disamping kita harus mengenal pesaing produk kita jangan lupakan dengan pelanggan kita. Jangan sampai kita sibuk mempelajari pesaing kita, kita mengabaikan pelanggan kita, pahami bebrapa karakter pelanggan dan kategorikan pelnggan tersebut sehingga kita bisa mmeberikan email marketing mana yang cocok untuk pelanggan tersebut. Kita bisa mencari tahu tentang karakter pelanggan dari informasi media sosial nya sehingga Anda bisa lebih mengenal pelanggan Anda lebih baik lagi.

2. Berikan diskon kepada pelanggan yang sering Order

Selalu berikan diskon lebih kepada pelanggan yang sering order. Dengan begitu kepuasan konsumen kepada Anda akan meningkat dan otomatis meningkatkan omzet penjualan.Anda bisa menreapkan diskon pada hari-hari biasa diluar promo event untuk meyakinkan pelanggan tersebut bahwa “hanya Anda yang menerima penawaran terbatas tersebut”.

3. Berikan Stimulus Kata-Kata Ajakan Marketing pada seluruh Pelanggan

Memotivasi pada seluruh pelanggan adalah salah satu cara untuk memberikan kenyamanan kepada pelanggan Anda dan memberikan kesan bahwa Anda peduli dengan mereka. Anda bisa memberikan ulasan produk dan artikel agar bisnis Anda bisa berkembang dengan baik.

4. Berikan sebuah email feedback

Jangan lupa untuk menambahkan fitur kritik dan saran  yang bisa Anda terapkan pada email marketing Anda sehingga Anda bisa dengan mudah mengevaluasi produk Anda menjadi lebih baik lagi dan meningkatkan layanan Anda.

5. Berikan Ucapan Terima kasih kepada Pelanggan

Banyak para pelaku usaha tidak memberikan ucapan terima kasih kepada pelanggannya, mungkin karna kesibukan bisnis yang dijalankan. Namun ucapan terima kasih kepada pelanggan tidak ada salahnya Anda berikan keseluruh pelanggan agar membuktikan bahwa layanan yang Anda berikan memang yang terbaik dan memberikan kenyamanan tersendiri bagi mereka.

Ganti Deskripsi Produk dengan Lampirkan Berkas Pada Email Marketing 0 39

Deskripsi produk merupakan hal terpenting  dalam sebuah penjualan produk, sedangkan dalam strategi email marketing kita dituntut untuk memberikan deskripsi produk yang jelas namun dengan teks singkat. Bagaimana cara menyusun sebuah email marketing yang ringkas namun mencakup seluruh deskripsi produk Anda agar memudahkan pelanggan mengenal produk Anda . Mencantukan seluruh deskripsi produk pada email akan memberikan kesan bosan kepada pelanggan, Anda bisa menggunakan fasilitan Lampirkan file yang telah disediakan. Jangan lupa untuk mmberikan instruksi kepada pembaca bahwa Anda melampirkan sebuah file produk deskripsi Anda.

Untuk file deskripsi yang terlalu besar Anda bisa memanfaatkan layanan file sharing seperti Google Drive atau Dropbox dan memberikan link downloadnya di email marketing Anda. Jangan lupa untuk mencoba link tersebut agar bisa didownload oleh calon pelanggan Anda

Dengan cara ini Anda bisa menerapkan strategi email marketing yang lebih efisien untuk menarik minat pelanggan Anda. Selamat Mencoba

Tambahkan Tombol Call to Action Pada Email Marketing 0 47

Salah satu hal yang wajib dicantumkan adalah sebuah tombol pada email marketing yang mengarah pada pemesanan produk Anda baik itu mengarah ke website Anda ataupun langsung pada produk Anda.  Sebuah kaliamt yang dapat anda terapkan pada email marketing Anda  “Jika Anda ingin orang mengklik, gunakanlah tombol. Jika Orang ingin membeli produk Anda, Cantumkan tombol belanja “. . Pernahkah Anda mengirimkan email marketing tanpa mencantumkan sebuah tombol pada email tersebut ? Jika pernah sekarang coba bandingkan dengan memberikan tombol pada email marketing Anda dan lihat perbedaannya. Berikut hal yang harus Anda terapkan dalam menggunakan tombol Call to Action pada Email Anda.

  • Gunakan efek 2 dimensi pada tombol Anda untuk menarik pembaca
  • Warna kontras dan menarik sehingga pembaca tidak emngabaikan tombol Anda
  • Teks dan Ukuran tombol yang agak besar
  • Berikan ruang kosong (whitespace) disekitar tombol agar pembaca tidak kesulitan mencari tombol tersebut
  • Gunakan kata yang menarik pada tombol tersebut contoh : Beli Yuk !

Silahkan mengaplikasikan pada email marketing Anda.