5 Strategi Diskon Tapi Tetap Untung dalam Email Marketing 0 101

Diskon satu kata yang selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Yah benar siapa yang tidak ingin mendapatkan barang diskon yang tentunya sangat diminati kalangan ibu-ibu saat ini. Bahkan untuk sebuah produk yang mungkin tidak dibutuhkan oleh konsumen, dengan adanya sebuah kata diskon dalam produk tersebut akan menarik para konsumen untuk membeli barang tersebut. Hal ini bisa kita terapkan dalam email marketing sehingga mampu menarik minat pembeli. Namun banyak diantara kita masih ragu dalam berbisnis dengan mmeberikan diskon pada produk kita, khawatir dengan laba (untung yang diperoleh kecil / tidak seperti biasanya , atau bahkan rugi dalam bisnis tersebut). Nah berikut 10 strategi diskon yang bisa anda terapkan.

1. Pembulatan Harga pada Harga Produk

Pernahkah Anda memperhatikan mengapa dalam label harga supermarket dan minimarket selalu menggunakan harga yang tidak bulat, harga yang ditawarkan selalu dibawah ratusan bahkan ada yang memakai puluhan contoh : Rp. 350.000.100, Rp. 500.000.010 Rp. 999.990.990. Kita tahu dalam sebuah harga yang tidak bulat dengan nilai nominal uang yang beredar bisa menjadi sebuah keuntungan yang masuk diluar keuntungan dari penjualan produk. Anda bisa memberikan diskon tanpa khawatir akan kerugian yang akan ditanggung.

2. Berikan Tulisan Diskon dengan memberikan Ilustrasi

Setiap pembeli pasti akan tertarik dengan sebuah kata diskon saja, namun dengan memebrikan ilustrasi dengan cara mencoret harga awal lalu menampilkan harga awal dengan teks yang agak besar tentu akan mengisyaratkan bahwa harga tersebut sedang diskon dan wajib untuk dibeli.

3. Buat Event Promosi Berbasis Diskon pada Bulan tertentu

Berikan diskon pada hari-hari tertentu seperti Hari Lebaran dan Tahun baru. Dengan mengikuti event yang berbasis diskon tersebut peluang melonjaknya omzet produk Anda akan menjadi lebih banyak. Ditambah dengan penggunaan email marketing yang langsung memberikan notifikasi kepada calon pelanggan Anda pada saat Anda memberikan sebuah diskon pada produk tersebut.

4. Coba Terapkan Gratis Biaya Pengiriman pada Produk Anda

Beberapa pembeli selalu mencari sebuah produk yang gratis ongkir. Anda bisa memberikan strategi gratis ongkir pada produk Anda. Untuk penggunaan gratis ongkir bisa Anda terapkan pada hari-hari tertentu sehingga lonjakan omzet akan sebanding dengan biaya ongkir yang akan Anda keluarkan namun dengan lonjakan omzet dengan free ongkir tersebut malah akan menjadi keuntungan bagi produk Anda.

5. Berikan Free Gifts untuk para pelanggan

Jangan ragu untuk memberikan hadiah kepada pembeli dengan cara memberikan syarat kepada para pelanggan yang mendapatkan free gift dengan menshare produk Anda ke media sosial mereka. Jadi teknik ini bisa juga untuk mempromosikan produk Anda sehingga tidak mungkin akan melonjakkan omzet penjualan Anda dengan memberikan umpan free gift tersebut (anggap saja sedekah).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Peduli Kepada Pelanggan Jangan Sampai Dilewatkan 0 41

Pelanggan adalah Raja, Ungkapan itu sering kita dengar namun kita terkadang menyepelekannya. Ingatlah bahwa Anda tergatung oleh Pelanggan Anda. Bahkan mencari 100 Pelanggan itu lebih mudah dari mempertahakan seorang pelanggan kita. Untuk itu berikanlah sedikit kepedulian Anda dengan cara memberikan beberapa tips berikut ini supaya pelanggan Anda menjadi pelanggan setia bahkan order lagi dan lagi (repeat order).

1.  Pahami Karakter Pelanggan Anda

Sebagai seorang pelaku bisnis disamping kita harus mengenal pesaing produk kita jangan lupakan dengan pelanggan kita. Jangan sampai kita sibuk mempelajari pesaing kita, kita mengabaikan pelanggan kita, pahami bebrapa karakter pelanggan dan kategorikan pelnggan tersebut sehingga kita bisa mmeberikan email marketing mana yang cocok untuk pelanggan tersebut. Kita bisa mencari tahu tentang karakter pelanggan dari informasi media sosial nya sehingga Anda bisa lebih mengenal pelanggan Anda lebih baik lagi.

2. Berikan diskon kepada pelanggan yang sering Order

Selalu berikan diskon lebih kepada pelanggan yang sering order. Dengan begitu kepuasan konsumen kepada Anda akan meningkat dan otomatis meningkatkan omzet penjualan.Anda bisa menreapkan diskon pada hari-hari biasa diluar promo event untuk meyakinkan pelanggan tersebut bahwa “hanya Anda yang menerima penawaran terbatas tersebut”.

3. Berikan Stimulus Kata-Kata Ajakan Marketing pada seluruh Pelanggan

Memotivasi pada seluruh pelanggan adalah salah satu cara untuk memberikan kenyamanan kepada pelanggan Anda dan memberikan kesan bahwa Anda peduli dengan mereka. Anda bisa memberikan ulasan produk dan artikel agar bisnis Anda bisa berkembang dengan baik.

4. Berikan sebuah email feedback

Jangan lupa untuk menambahkan fitur kritik dan saran  yang bisa Anda terapkan pada email marketing Anda sehingga Anda bisa dengan mudah mengevaluasi produk Anda menjadi lebih baik lagi dan meningkatkan layanan Anda.

5. Berikan Ucapan Terima kasih kepada Pelanggan

Banyak para pelaku usaha tidak memberikan ucapan terima kasih kepada pelanggannya, mungkin karna kesibukan bisnis yang dijalankan. Namun ucapan terima kasih kepada pelanggan tidak ada salahnya Anda berikan keseluruh pelanggan agar membuktikan bahwa layanan yang Anda berikan memang yang terbaik dan memberikan kenyamanan tersendiri bagi mereka.

Ganti Deskripsi Produk dengan Lampirkan Berkas Pada Email Marketing 0 39

Deskripsi produk merupakan hal terpenting  dalam sebuah penjualan produk, sedangkan dalam strategi email marketing kita dituntut untuk memberikan deskripsi produk yang jelas namun dengan teks singkat. Bagaimana cara menyusun sebuah email marketing yang ringkas namun mencakup seluruh deskripsi produk Anda agar memudahkan pelanggan mengenal produk Anda . Mencantukan seluruh deskripsi produk pada email akan memberikan kesan bosan kepada pelanggan, Anda bisa menggunakan fasilitan Lampirkan file yang telah disediakan. Jangan lupa untuk mmberikan instruksi kepada pembaca bahwa Anda melampirkan sebuah file produk deskripsi Anda.

Untuk file deskripsi yang terlalu besar Anda bisa memanfaatkan layanan file sharing seperti Google Drive atau Dropbox dan memberikan link downloadnya di email marketing Anda. Jangan lupa untuk mencoba link tersebut agar bisa didownload oleh calon pelanggan Anda

Dengan cara ini Anda bisa menerapkan strategi email marketing yang lebih efisien untuk menarik minat pelanggan Anda. Selamat Mencoba

Tambahkan Tombol Call to Action Pada Email Marketing 0 47

Salah satu hal yang wajib dicantumkan adalah sebuah tombol pada email marketing yang mengarah pada pemesanan produk Anda baik itu mengarah ke website Anda ataupun langsung pada produk Anda.  Sebuah kaliamt yang dapat anda terapkan pada email marketing Anda  “Jika Anda ingin orang mengklik, gunakanlah tombol. Jika Orang ingin membeli produk Anda, Cantumkan tombol belanja “. . Pernahkah Anda mengirimkan email marketing tanpa mencantumkan sebuah tombol pada email tersebut ? Jika pernah sekarang coba bandingkan dengan memberikan tombol pada email marketing Anda dan lihat perbedaannya. Berikut hal yang harus Anda terapkan dalam menggunakan tombol Call to Action pada Email Anda.

  • Gunakan efek 2 dimensi pada tombol Anda untuk menarik pembaca
  • Warna kontras dan menarik sehingga pembaca tidak emngabaikan tombol Anda
  • Teks dan Ukuran tombol yang agak besar
  • Berikan ruang kosong (whitespace) disekitar tombol agar pembaca tidak kesulitan mencari tombol tersebut
  • Gunakan kata yang menarik pada tombol tersebut contoh : Beli Yuk !

Silahkan mengaplikasikan pada email marketing Anda.